Apa Itu 4C Diamond? Ini Penjelasan Lengkapnya untuk Anda

Saat berniat membeli perhiasan berlian, ada satu hal yang harus Anda pelajari yaitu 4C diamond . Secara sederhana, faktor 4C pada perhiasan berlian mengacu pada kualitas berliannya. Perlu Anda ketahui bahwa berlian memiliki kualitas yang berbeda-beda. Kualitas inilah yang akan mempengaruhi harganya. Nah, Anda perlu mengenali faktor 4C untuk menentukan bagaimana kualitas dan mempertimbangkan harganya.

Mengenal Faktor 4C Diamond

Agar lebih paham mengenai faktor 4C pada perhiasan berlian, berikut ini adalah penjelasan lebih lengkapnya:

1. Color atau Warna

Faktor pertama yang mempengaruhi kualitas berlian adalah color atau warna berlian. Kualitas warna ini menunjukkan seberapa tidak berwarnanya sebuah berlian. Semakin sedikit warnanya, maka harganya pun akan semakin tinggi.

Grade warna berlian ditunjukkan dengan huruf D sampai dengan Z. Berlian dengan grade adalah yang terbaik, begitu pula sebaliknya Z adalah yang terburuk. Ada lima tingkatan warna pada perhiasan berlian yaitu sebagai berikut:

  • Colorless yaitu grade D, E, dan F.
  • Near colorless yaitu grade G, H, I, dan J.
  • Faint yellow yaitu grade K, L, dan M.
  • Very light yellow yaitu grade N, OP, dan QR.
  • Light yellow yaitu grade ST, UV, WX, dan YZ. 

2. Clarity atau Kejernihan

Faktor 4C diamond yang kedua adalah clarity atau kejernihan berlian. Istilah ini mengacu pada kemurnian internal pada proses pembuatannya. Jika berlian memiliki karakteristik yang sedikit di dalamnya, maka harganya akan semakin tinggi, bahkan termasuk batu permata yang langka.

Berlian paling langka memiliki grade tertinggi yaitu FL atau flawless. Sementara berlian dengan grade paling rendah adalah I atau included. Berikut ini adalah kategori grade dari kejernihan berlian:

  • FL atau flawless.
  • IF atau internally flawless.
  • VVS (VVS1 dan VVS2) atau very very slightly included.
  • VS (VS1 dan VS2) atau very slightly included.
  • SI (SI1, SI2, dan SI3) atau slightly included.
  • I (I1, I2, dan I3) atau included.

3. Cut atau Potongan

Salah satu faktor terpenting yang menentukan kualitas perhiasan berlian adalah cut atau potongan. Pada umumnya, berlian bulat memiliki potongan dengan 57 atau 58 facet. Jika potongannya baik, maka tingkat kecemerlangan, api, dan kilau berlian juga sangat baik. Jika mencari perhiasan berlian yang cantik, maka pastikan kualitas cut atau potongannya adalah yang terbaik.

4. Carat Weight atau Berat Karat

Faktor 4C terakhir adalah carat weight atau berat carat. Carat pada berlian menunjukkan berat sebuah batu berlian. Sementara pada emas, karat menunjukkan kemurniannya. Perlu Anda ketahui bahwa dua buah berlian dengan ukuran sama belum tentu memiliki berat carat yang sama. Nilai dari 1 carat yaitu 0,2 gram atau 100 poin. Semakin besar carat-nya maka harga dari perhiasan berlian juga akan semakin mahal. 

Yuk, Beli Perhiasan Berlian di MONDIAL

Melalui pembahasan di atas bisa disimpulkan bahwa faktor 4C diamond adalah faktor yang penting. Namun, brand perhiasan berlian populer yaitu MONDIAL tidak hanya menggunakan faktor 4C saja untuk menilai perhiasannya. 

Berlian terlihat cantik karena kilauannya. Oleh sebab itu, brand satu ini menggunakan penilaian tambahan yang bernama light performance. Penilaian satu ini dilakukan oleh Sarine Technology Lab yaitu laboratorium yang bertugas menilai kualitas berlian. Laboratorium ini menggabungkan gemologi dengan teknologi AI atau kecerdasan buatan. Ada empat kriteria atau parameter dalam penilaiannya yaitu sparkle, fire, light symmetry, dan juga brilliance. Anda bisa langsung ke butik #MONDIAL untuk melihat koleksi perhiasannya. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi website dan akun Instagram MONDIAL.