pengemulsi

Mengenal Apa Itu Pengemulsi Pada Makanan

Apakah Anda pernah melihat komposisi bahan seperti monogliserida dan lesitin pada makanan? Kedua bahan tersebut adalah contoh pengemulsi atau emulsifier. Emulsifier merupakan bahan yang penting untuk membantu menyeragamkan kombinasi bahan sehingga rasanya lebih lezat. Lebih jelasnya simak artikel ini!

Mengenal Apa Itu Emulsifier

Beberapa bahan makanan secara umum memiliki molekul yang tidak bisa disatukan. Contoh yang paling mudah yaitu minyak dan air tidak bisa disatukan dalam wadah yang sama. Sederhananya, emulsifier adalah bahan yang bisa menyatukan molekul yang tidak bisa bersatu. 

Selain itu, emulsifier juga bisa mencegah pemisahan pada molekul tersebut. Makanan yang menggunakan emulsifier untuk menyatukan bahan membuat rasanya lebih meleleh saat dimakan. Roti dengan olesan margarin juga menggunakan emulsifier untuk menyatukan bahan agar lezat saat dimakan. 

Cara Kerja

Apa Anda penasaran bagaimana pengemulsi bisa menyatukan bahan-bahan yang sulit disatukan? Sebenarnya cara kerjanya cukup sederhana. Emulsifier merupakan bahan yang memiliki sifat lipofilik atau suka minyak dan hidrofilik atau suka air. Karena kedua sifat tersebut, maka bahan-bahan yang sulit tercampur bisa dicampurkan dengan mudah.  

Produk yang Memakai Emulsifier

Sebenarnya penggunaan emulsifier untuk produk makanan tidak termasuk penemuan modern. Salah satu alasan telur dijadikan bahan untuk roti yaitu karena memiliki sifat mengemulsikan. Selain roti, margarin, cokelat, es krim, dan dessert beku lainnya juga banyak yang memakai emulsifier.

Es krim dibuat lebih kental, makanan lebih tahan lama, dan adonan roti lebih kuat. Contoh emulsifier yang sering digunakan untuk membuat makanan yaitu lesitin dan monogliserida. Lesitin berasal dari minyak bunga matahari, canola, dan kedelai. 

Sementara monogliserida terbuat dari kedelai atau minyak sawit. Sebagian besar emulsifier masih menggunakan monogliserida. Bahkan bisa mencapai 75% dari emulsifier yang dipakai di industri makanan. 

Nah, itulah pembahasan yang bisa diberikan mengenai pengemulsi atau emulsifier. Salah satu cemilan lezat yaitu Kinder Joy menggunakan emulsifier brupa lesitin. 

Bahan tersebut didapatkan dari bahan alami seperti biji bunga matahari dan kacang kedelai. Melalui proses panjang namun sederhana, lesitin siap membuat Kinder Joy lebih lezat. Ingin mencobanya? Beli secara online maupun offline