cara agar bayi pipis lancar

Cara Agar Bayi Pipis Lancar Beserta Penyebab Utamanya

Salah satu permasalahan umum yang terjadi pada bayi adalah pipis yang tidak lancar. Untuk itu dengan mengetahui cara agar bayi pipis lancar, bisa mendatangkan manfaat bagi setiap orang tua. 

Sebelum beranjak untuk mengetahui cara pipis lancar pada bayi, penting juga untuk Anda mengetahui dulu berbagai penyebab utama nya. Ulasan lebih lengkapnya bisa Anda simak di bawah ini. 

Penyebab Utama Permasalahan Pipis Pada Bayi

Biasanya, yang menjadi penyebab masalah pipis pada bayi ini disebabkan oleh berbagai faktor sebagai berikut:

  1. Infeksi saluran kemih (ISK): gejalanya ditandai dengan demam, dan jumlah buang air kecil yang sedikit. 
  2. Frenulum pendek: Jika frenulum terlalu pendek, maka dapat menghambat aliran urin. 
  3. Phimosis: Kondisi kulit penutup ujung penis tidak bisa ditarik kembali dengan mudah.
  4. Stenosis Uretra: Sebuah kondisi dimana terjadi penyempitan pada uretra pada bayi.
  5. Dehidrasi: Kekurangan cairan pada tubuh bayi

Cara Mengatasi Permasalahan Pipis Pada Bayi 

Adapun berbagai cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan pipis pada bayi ini, bisa dilakukan sebagai berikut: 

  • Pastikan Mendapatkan Cairan yang Cukup

Penting sekali untuk bayi bisa mendapatkan sejumlah cukup cairan dalam tubuhnya. ASI atau susu pertumbuhan bisa menjaga hidrasi yang tepat bagi si kecil. 

  • Berkonsultasi dengan Dokter

Jika bayi terus mengalami permasalahan ini secara berkelanjutan, maka penting untuk melakukan konsultasi dengan dokter. Sebab dokter tentunya dapat melakukan pemeriksaan fisik yang tepat, dan mungkin bisa merujuk ke spesialis bila diperlukan. 

  • Memberi Pijatan Ringan

Setelah mandi atau pergantian popok, Anda bisa memberikan pijatan ringan pada sekitar area panggul dan perut bayi. Pijatan ini setidaknya dapat merangsang aliran pipis pada bayi. 

  • Pilih Ukuran Popok yang Tepat

Pastikan popok yang dipakai bayi sudah sesuai dengan ukurannya, dan tidak terlalu ketat. Sebab popok yang terlalu ketat, bisa menghambat aliran pipis pada bayi. 

Dengan mengetahui berbagai penyebab secara cara agar bayi pipis lancar, tentunya dapat membantu Anda dalam memahami kondisi si kecil dengan baik. 

Salah satu bentuk pencegahan terjadinya permasalahan pipis pada bayi ini, bisa juga Anda mulai dengan memilih produk terbaik seperti dari MAKUKU.