anjing melahirkan

Hal yang Wajib Dipersiapkan dan Ciri-Ciri Anjing Melahirkan

Sama halnya seperti hewan mamalia lain, sejatinya anjing juga bisa melakukan proses persalinannya sendiri. Namun meski begitu, sebagai pemilik anjing Anda wajib untuk mengetahui mengenai proses persalinannya. Apalagi jika anjing melahirkan untuk pertama kalinya. 

Saat menghadapi proses melahirkan, terdapat berbagai hal yang harus Anda siapkan. Ketika anjing sudah mulai menunjukkan tanda-tanda akan melahirkan, Anda perlu melakukan beberapa persiapan berikut ini:

  1. Tempat melahirkan

Tempat melahirkan merupakan hal pertama yang harus Anda persiapkan dalam menghadapi proses persalinan anjing kesayangan. Anda bisa menggunakan kandang anjing yang besar dengan penutup agar menjadi lebih gelap. 

Selain itu, sebagai alternatif Anda juga bisa menggunakan kardus yang berukuran cukup besar dan meletakkannya di tempat yang aman dan nyaman. 

Perlu Anda ketahui, tempat yang gelap dapat membuat anjing merasa lebih nyaman untuk melahirkan.

  1. Kain alas

Kain seperti handuk bekas yang bersih dapat berfungsi sebagai alas juga menjaga suhu tubuh anjing. Anda bisa meletakan kain tersebut pada bagian bawah kardus atau kandang agar anjing bisa lebih rileks dan merasa nyaman. 

Selain sebagai alas, kain tersebut juga dapat menyerap cairan. Dengan begitu, tempat anjing akan tetap steril dan tidak terlalu basah.

  1. Dampingi anjing

Biasanya, proses persalinan anjing membutuhkan waktu 30 menit setelah anjing terlihat mulai mengejang. Kemudian, anak anjing berikutnya akan lahir dengan jarak 10 hingga 60 menit setelah anak pertama. 

Proses anjing melahirkan umumnya berlangsung selama 4 hingga 16 jam. Namun tidak menutup kemungkinan kurang atau lebih.

  1. Kenali ciri-ciri anjing akan melahirkan

Ciri atau tanda anjing akan segera melahirkan tentu sangat wajib untuk Anda ketahui. Beberapa ciri yang umum ditemui pada anjing yang akan segera melahirkan diantaranya yaitu anjing mulai gelisah dan mencari tempat untuk bersembunyi. 

Selain Itu, anjing juga akan menurun nafsu makannya, terlihat sering membersihkan diri, termasuk menjilati bagian lubang kencingnya. Bahkan, anjing juga akan berjalan dengan terengah-engah dan mendengkur dengan cukup keras.

Demikian beberapa persiapan dan beberapa ciri-ciri anjing melahirkan yang wajib Anda ketahui. Mengingat anjing yang akan dan sudah melahirkan membutuhkan asupan nutrisi yang ekstra, maka pastikan Anda untuk memberikan ia nutrisi yang cukup yang bisa didapatkan dari Royal Canin yang merupakan makanan hewan dengan kandungan yang lengkap dan baik untuk anjing kesayangan Anda.