social media campaign

Faktor yang Perlu Diperhatikan dalam Marketing Social Media Campaign Management

Kebutuhan serta proses penyebaran kampanye pemasaran semakin lama memang semakin kompleks seiring perkembangan transformasi digital pada pasar bisnis serta tren pemasaran itu sendiri. Oleh karena itu, tentu saja setiap perusahaan dari berbagai niche bisnis harus memperhatikan social media campaign management supaya segala strategi pemasaran brandnya bisa berjalan efektif. 

Selain itu, penting untuk mengelola marketing management dengan beberapa kegiatan pemasaran (marketing operation), misalnya menyusun marketing strategy, menganggarkan biaya marketing dan marketing plan, serta pemanfaatan saluran pemasaran ataupun media mix tertentu. Dapat dibilang, jika salah satu teori manajemen proses bisnis tersebut sangat penting untuk kesuksesan strategi pemasaran brand. Misalnya dalam hal peningkatan brand awareness, peluncuran produk baru (product launch), peningkatan brand image dan branding bisnis, meningkatkan customer feedback serta engagement metrics, menganalisis sentimen terhadap brand, sampai meningkatkan conversion rate.

Untuk marketing campaign management yang efektif, tentu saja seorang marketer perlu melaksanakan sejumlah tugas serta alur kerja guna mendukung proses penting, misalnya perencanaan, pelaksanaan, dan juga pemantauan proses pemasaran. Berikut beberapa hal paling mendasar dari manajemen kampanye  pemasaran:

social media campaign
  1. Segmentasi Audiens (Audience Segmentation) 

Faktor pertama yang perlu Anda perhatikan selama pengelolaan kampanye pemasaran ialah pendefinisian serta pengkategorian segmentasi audiens yang juga dikenal dengan istilah segmentasi pelanggan (customer segmentation). Segmentasi audiens mampu memberikan kemungkinan untuk para marketer dalam merencanakan dan mengembangkan pesan brand melalui konten kampanye pemasaran ke target pasar. Di Dalam pelaksanaannya, marketer perlu memanfaatkan informasi demografis maupun persona pelanggan guna menentukan kategori dan juga atribut yang telah ditentukan sebelumnya.

  1. Pengembangan Konten (Content Development) 

Umumnya, seorang marketer akan berfokus dalam pembuatan pilar konten yang informatif mengenai produk atau layanan bisnisnya. Dengan tujuan jika target pelanggan bisa engage dengan brand (brand engagement) serta mengetahui identitas brand yang mencakup maksud maupun tujuan pemasaran bisnis. Strategi pemasaran ini lebih dikenal dengan strategi inbound marketing. Namun, tentu saja dalam campaign management, marketer perlu melakukan upaya lebih dari itu. Anda perlu mengembangkan konten dengan menekankan segala upaya agar bisa menemukan value pelanggan. 

  1. Otomatisasi Email (Email Automation)

Guna memaksimalkan faktor-faktor di atas, Anda  juga perlu memperhatikan upaya otomatisasi email (email automation). Karena, otomatisasi email memungkinkan Anda untuk mensegmentasikan/mengelompokkan audiens pada basis pelanggan tertentu secara otomatis. Adapun untuk beberapa jenis email otomatis yang bisa di gunakan, diantaranya ialah autoresponder email, sales nurturing email, newsletter, email blast, invitational email, snackable content email, drip campaign, dan juga identifier email. 

  1. Personalisasi Pesan (Message Personalization) 

Faktor berikutnya ialah proses personalisasi pesan/konten pemasaran (personalized marketing). Personalisasi pesan atau retargeting ads merupakan teknik pemasaran yang dirancang untuk bisa menunjukkan kepada prospek dan juga pelanggan bahwa perusahaan mengenal serta memahami mereka sebagai pelanggan (customer acknowledgment). 

  1. Komunikasi Banyak Saluran (Omnichannel Communication) 

Karena dukungan omnichannel, perusahaan bisa membangun proses komunikasi pemasaran paling efektif dan terbaik dengan pelanggan (customer centric) yang menjadi pusat strategi bisnisnya (integrated marketing communication). Dengan hal tersebut, perusahaan memberikan customer experience yang mulus serta mampu menghasilkan kepuasan pelanggan atau customer satisfaction secara maksimal. 

Faktor lain yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan ialah penggunaan platform analitik pemasaran (marketing analytics). Analitik yang mencakup proses analisis pemasaran tersebut bisa memberi Anda gambaran berbagai statistik berapa banyak audiens yang telah berhasil dijangkau sebab kampanye pemasaran yang dilakukan. 

Bagi Anda yang ingin melakukan social media campaign terbaik untuk bisnis Anda, pilih IDEOWORKS.ID sebagai partner Anda. Sebagai salah satu content production agency yang bisa diandalkan, Anda akan diberikan solusi pemasaran terbaik untuk semua platform media.