Jenis- Jenis Perhiasan Mutiara

0
407
Cincin Berlian Wanita
Cincin Berlian Wanita

Perhiasan wanita memiliki beragam bentuk dan juga bahan dasar yang berbeda. Bahan dasar yang digunakan ada yang terbuat dari emas, perak, platinum, mutiara hingga berlian. Beberapa perhiasan tersebut memiliki kelebihan dan juga keunikan tersendiri. Seperti halnya dengan perhiasan mutiara yang terkenal dengan keindahannya yang dihasilkan dari hewan laut.

Namun pada dasarnya mutiara terbagi menjadi dua yaitu ada mutiara air tawar dan mutiara air laut dengan kualitas yang sangat berbeda. Tetapi mutiara air asin jauh lebih baik daripada mutiara air tawar. Karena melalui proses di dalam shell atau ibu mutiara.

Untuk menghasilkan sebuah mutiara diperlukan waktu yang cukup lama, sehingga banyak dilakukan budidaya mutiara aga perkembangannya dapat terkontrol. Namun tidak semua mutiara yang dibudidaya menghasilkan mutiara yang berkualitas dan tumbuh dengan sempurna. Ada berbagai jenis yang dihasilkan dari budidaya mutiara seperti bentuk, ukuran dan warna dalam jumlah yang bervariasi.

Cincin Berlian Wanita
Cincin Berlian Wanita

Adapun jenis- jenis tipe mutiara yang digunakan untuk perhiasan adalah sebagai berikut:

1. Mutiara Akoya

Mutiara Akoya merupakan salah satu jenis mutiara yang paling populer di pasaran dan sering kita jumpai. Ciri mutiara ini, yaitu berbentuk bulat, berwarna putih, dan berkilauan dengan cahaya merh muda. Warna merah muda ini hanya akan tampak ketika mutiara terkena cahaya matahari. Jika di tempat gelap, mutiara Akoya akan berwarna putih saja. Mutiara ini sendiri banyak ditemukan di perairan jepang dan tiram jenis Pinctada Fucata.

Pada saat ini mutiara Akoya sudah memiliki beragam warna karena hasil dari budidaya, mulai dari warna putih, krem, merah muda, hingga emas. Dengan bentuk seperti manik- manik, bulat konsisten, dan berkilauan merah muda, mutiara Akoya sering digunakan untuk membuat perhiasan dengan desain klasik.

2. Mutiara Tahiti

Mutiara Tahiti adalah mutiara alami hanya hitam di dunia. Mutiara ini berasal dari spesies yang sangat besar tiram disebut “oyster hitam berbibir”. Mutiara Tahitian ini memiliki warna hitam alami yang berasal dari warna bibir tiram. Walaupun begitu, mutiara ini juga memiliki warna lain, seperti silver metalik, hitam kebiruan, hitam keunguan, dan hijau kehitaman.

Karena jenis tiram penghasil mutiaranya sangat sensitif, maka harga mutiara ini sangat mahal mahal. Mutiara Tahitian juga salah satu jenis mutiara dengan ukuran jumbo dan tidak diproduksi dalam jumlah besar dalam suatu periode panen. Mutiara ini juga dikenal sebagai mutiara hitam yang besar, langka dan berharga. Mutiara ini paling didambakan menampilkan nuansa perak, abu- abu dove, coklat dan abu- abu arang. 

3. Mutiara Laut Selatan. 

Mutiara laut selatan adalah sepupu sangat dekat dengan Tahitian mutiara, bahkan tiramnya serupa. Mutiara laut selatan yang tumbuh di Australia dan Indonesia dan tumbuh dalam tiram emas berbibir. Mereka sangat besar dan berkisar dalam warna dari putih menjadi emas merah muda untuk sangat gelap dengan mutiara emas yang paling langka dan paling berharga di dunia.

Mutiara laut selatan termasuk mutiara yang paling berharga. Mutiara laut selatan umumnya menampilkan warna perak cerah dan paling langka adalah mawar. Bahkan mutiara laut selatan ini memiliki warna emas yang sangat mahal yang sangat menonjol dengan nuansa seperti mawar, emas netral, perak dan hijau.

4. Mutiara air tawar

Mutiara jenis ini adalah salah satu jenis mutiara terfavorit setelah mutiara Akoya. Hampir setiap toko perhiasan sudah menjual mutiara jenis ini. Cara budidaya yang tergolong lebih mudah, dapat menghasilkan biji mutiara dalam jumlah besar, setiap periode panennya. Mutiara ini sendiri memiliki bentuk fisik yang cenderung bulat dan memiliki banyak varian warna.

Ada beberapa warna pada mutiara air tawar, seperti lavender, merah muda, peach, hijau kehitaman, dan krem. Ada juga beberapa jenis mutiara air tawar yang langka dengan harga mahal, yaitu mutiara yang berukuran besar dengan warna hamper mirip dengan mutiara Tahitian. Ukuran dan warna pada mutiara air tawar dapat menentukan harganya. Semakin langka jenis warna dan semakin besar ukurannya, maka harganya semakin mahal.

Itulah beberapa jenis mutiara yang digunakan untuk perhiasan. Anda dapat memperoleh koleksi perhiasan mutiara terbaik hanya di The Palace Jeweler.