Program ekstensi D3 ke S1

Manfaat Mengikuti Program Ekstensi D3 Ke S1

Bagi beberapa orang yang saat ini sudah menyelesaikan program kuliah Diploma 3 mungkin ada yang memutuskan untuk langsung bekerja dan tidak melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, karena idealnya lulusan D3 dibentuk oleh pihak perguruan tinggi untuk siap bekerja. Dengan dibekali banyak keahlian khususnya dalam praktik. Namun terdapat beberapa orang yang pada akhirnya tetap melanjutkan pendidikan ke jenjang Strata 1 (S1) meskipun saat ini sudah memiliki pekerjaan. Program ekstensi D3 ke S1 yang tersedia pada beberapa perguruan tinggi akan membantu kamu yang ingin mendapatkan gelar Sarjana.

Mengapa kamu perlu mengikuti program ekstensi? terdapat beberapa alasan mengapa bagi kamu lulusan D3 dan sudah bekerja untuk sebaiknya mengikuti program ekstensi D3 ke S1 

Program ekstensi D3 ke S1
Program ekstensi D3 ke S1

1.Dapat Menunjang Kamu Mendapati Posisi Tertentu Pada Perusahaan

Bagi kamu yang saat ini memiliki ijazah Ahli Madya tidak ada salahnya untuk melanjutkan kuliah hingga mendapatkan gelar Sarjana. Karena terdapat beberapa perusahaan yang menyediakan posisi tertentu hanya diperuntukan bagi karyawannya yang memiliki gelar minimal S1.

Untuk itu dengan mengupgrade gelar dari Ahli Madya pada gelar Sarjana juga dapat mengupgrade posisi kamu pada perusahaan tempat kamu bekerja.

Siapa sih yang tidak ingin mengupgrade poisis dalam bekerja? Semakin tinggi posisi mu maka semakin banyak pula kesempatan yang akan kamu peroleh baik dari segi pengalaman maupun dari segi materi.

2. Pada Program Ekstensi Kamu Dapat Menyesuaikan Jadwal

Pada beberapa perguruan tinggi, program ekstensi biasanya menyediakan jadwal kelas yang fleksibel bagi kamu yang disibukan dengan jam kerja.  Kamu dapat kuliah selain pada jam kerja, misalnya kelas pada malam hari atau kelas yang dibuka pada saat akhir pekan

Apabila kamu melanjutkan kuliah jenjang S1 tetapi pada program reguler maka kelas yang kamu ikuti akan berlangsung pada jam-jam produktif pada saat week day sehingga kamu tidak dapat kuliah sambil bekerja.

Jadi, program ekstensi D3 ke S1 ini dapat menunjang kamu untuk tetap berkarir dengan adanya jadwal kuliah yang dapat disesuaikan dengan jam kerja.

3. Mengefisienkan Waktu Dalam Mendapatkan Gelar Sarjana

Ketika kamu sudah mendapatkan gelar Ahli Madya tetapi kamu memutuskan untuk mengikuti kelas reguler maka akan lebih banyak menghabiskan waktu. Karena kamu diharuskan untuk mengikuti perkuliahan sejak awal. Bahkan kamu tetap harus mengambil beberapa mata kuliah yang sebenarnya telah kamu pelajari pada saat menempuh kuliah Diploma 3. 

Namun hal tersebut tidak akan terjadi apabila kamu mengikuti program ekstensi D3 ke S1. Mengapa demikian?

Kurikulum pada program ekstensi tidak sama dengan program reguler. Ketika memutuskan untuk melakukan program perpanjangan maka kamu akan lebih menghemat waktu. Karena kamu hanya perlu mengambil mata kuliah yang sebelumnya belum pernah kamu pelajari saja. 

Waktu yang kamu tempuh untuk menyelesaikan program ekstensi kurang lebih adalah 2 tahun, sedangkan pada program reguler kamu perlu menghabiskan waktu kurang lebih 4 tahun untuk mendapatkan gelar sarjana.

Untuk mendapatkan gelar sarjana tersebut kamu dapat memperolehnya di Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (STMIK IDS Digital College). Bagi kamu yang sebelumnya menempuh kuliah D3 pada bidang Teknik Informatika.

Jadi sudah sangat jelas bahwa program ekstensi D3 ke S1 dapat membantu kamu untuk lebih cepat mendapatkan gelar Sarjana bagi kamu yang telah memiliki gelar Ahli Madya.