Menu Makanan Indonesia Opor Ayam Telur Eboperi

0
113
Menu Makanan Indonesia
Menu Makanan Indonesia

Opor adalah salah satu makanan yang disukai oleh orang dewasa maupun anak – anak. Menu makanan Indonesia ini tidak hanya bisa Anda sajikan dihari – hari spesial saja. Dihari biasa pun Anda bisa menyajikan menu ini sebagai menu spesial untuk makanan di rumah. Cara membuatnya pun mudah dan cocok untuk Anda yang baru belajar memasak. Opor ayam adalah salah satu masakan yang banyak disukai oleh berbagai kalangan.

Baik itu orang dewasa maupun anak – anak. Sebagai menu makanan Indonesia untuk pelengkap nasi, opor ayam pun cocok juga disajikan dengan lontong. Selain bisa Anda jadikan sebagai menu masakan spesial dihari yang spesial, opor ayam juga adalah salah satu resep masakan yang cocok juga untuk Anda sajikan sebagai menu harian di rumah. Rasanya yang lezat mampu menggugah selera dan juga meningkatkan nafsu makan keluarga.

Ingin tahu cara membuatnya? Simak berikut pemaparan lengkap cara membuat opor ayam telur eboperi.

1. Bahan – Bahan

Siapkan bahan – bahan untuk pembuatan menu makanan Indonesia ini. Diantaranya seperti 1 ekor ayam, 5 butir telur, air 1 liter, santan dalam kemasan 2 bungkus, 4 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, lengkuas yang digeprek 1 ruas, sereh yang digeprek sebanyak 2 batang, garam secukupnya, gula pasir secukupnya, dan bawang goreng. Siapkan juga beberapa bahan untuk bumbu halus seperti 11 buah bawang merah, 6 siung bawang putih, 5 buah kemiri yang sudah disangrai, ½ sendok teh merica, 1 cm kencur dan ½ sendok teh ketumbar.

2. Cara Membuatnya

Setelah semua bahan menu makanan Indonesia ini telah Anda siapkan. Selanjutnya siapkan minyak lalu panaskan dalam wajan. Tumislah berbagai bumbu halus yang telah Anda siapkan tadi lalu masukan lengkuas, daun jeruk dan juga daun salam. Masak hingga aromanya harum, lalu kemudian masukan ayam dan juga tumis hingga aroma wanginya keluar.  Setelah itu, masukan air dan tunggu sampai ayam tersebut matang.

Selanjutnya, ambil santan dan masukan semuanya. Masukan juga garam, gula secukupnya lalu biarkan hingga kuah tersebut mendidih. Matikan api, kemudian koreksi rasanya jika ada yang kurang atau perlu ditambah lagi bumbu. Jika rasanya sudah pas, opor ayam siap untuk dihidangkan. Pindahkan kedalam wadah yang biasa digunakan untuk menyimpan masakan dan hidangkan selagi hangat untuk pelengkap nasi maupun lontong.