kue tradisional Indonesia

Resep Kue Tradisional Indonesia

Membuat berbagai kue yang modern bagi sebagian ibu-ibu di Indonesia mungkin sudah pada bosan dengan berbagai kreasinya. Dari itu membuat kue yang berbeda bisa menjadi pilihan seperti membuat kue tradisional Indonesia, salah satunya kue cenil. Walaupun bisa dibilang sebagai jajanan atau kue tradisional akan tetapi untuk masalah rasa tidak perlu lagi diragukan karena teksturnya yang kenyal pastinya bisa menyempurnakan rasanya yang manis.

Anda yang tertarik untuk membuat kue cenil juga tidak terlalu repot membuatnya, karena berbagai bahan yang diperlukan sangat mudah didapatkan. Akan tetapi untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan yang diinginkan tentunya harus dipilih dari kualitas terbaik seperti bahan gulanya dari produk Gulaku yang sudah terkenal sebagai gula terbaik yang ada di Indonesia. Selanjutnya bagi anda yang ingin membuat kue tradisional Indonesia ini, ada beberapa bahan yang perlu disiapkan seperti berikut.

  1. Tepung sagu 275 gram
  2. Gula pasir halus Gulaku 100 gram
  3. Kelapa agak muda ½ butir di parut
  4. Garam ¼ sendok
  5. Pewarna makanan (merah dan hijau)
  6. Air mendidih 100 ml atau bisa ditambahkan sampai 200 ml

Cara untuk membuatnya.

  1. Pertama-tama ambil air sebanyak 2 sdm lalu campurkan dengan sesendok makan tepung sagu sampai tercampur rata. Selanjutnya adonan tersebut masukan pada air yang mendidih yang telah disiapkan sebelumnya.
  2. Setelah itu angkat dari api dan aduk-aduk sampai mengental dan campurkan dengan sisa tepung yang ada.
  3. Aduk bahan sampai bisa dibentuk dengan mudah.
  4. Kemudian bahan yang ada dibagi menjadi 3 bagian dan masing-masing diberi warna yang telah disiapkan kecuali satu bagian untuk warna yang asal.
  5. Setelah itu rebus kembali adonan sampai matang yang terlihat sudah mengapung.
  6. Adonan yang sudah diangkat lalu digulirkan pada parutan kelapa dan taburi dengan gula.
  7. Adonan kue telah siap untuk dinikmati bersama dengan keluarga. Cara yang mudah untuk menghadirkan suasana berbeda dengan kue tradisional Indonesia.