universitas indonesia

Lembaga Yang Menilai UI Sebagai Universitas Terbaik 

Bagi sebagian besar masyarakat Indonesia, khususnya untuk masyarakat yag memiliki perhatian yang sangat besar terhadap dunia pendidikan tinggi, maka nama Universitas Indonesia atau UI sudah bukan istilah asing lagi bagi mereka. Mereka sudah sangat familiar dengan UI yang notabene sudah menjadi sebuah Universitas Terbaik yang ada di Indonesia. Universitas Indonesia merupakan sebuah perguruan tinggi negeri terbaik yang kampus utamanya berada di bagian Utara dari Depok,

Jawa Barat tepat di perbatasan antara Depok dengan wilayah Jakarta Selatan, dan kampus utama lainnya terdapat di daerah Salemba di Jakarta Pusat. Universitas Indonesia adalah kampus modern, komprehensif, terbuka, multibudaya, dan humanis yang mencakup disiplin ilmu yang luas.universitas indonesia Telah menghasilkan lebih dari 400.000 alumni. Secara umum dianggap sebagai salah satu dari tiga perguruan tinggi papan atas di Indonesia bersama dengan Universitas Gadjah Mada dan Institut Teknologi Bandung.

Mengapa UI dikategorikan sebagai Universitas Terbaik yang ada di Indonesia ? ya, hal tersebut dikarenakan UI merupakan universitas yang telah banyak sekali melahirkan orang – orang top yang ada di negeri ini. Mereka banyak menduduki posisi dan jabatan penting di berbagai institusi baik instansi atau lembaga pemerintahan maupun di perusahaan swasta yang ada di dalam dan luar negeri.

Lulusan UI memang sangat dibutuhkan oleh berbagai instansi pemerintahan dan perusahaan swasta karena kualitas lulusan UI sudah tidak bisa diragukan lagi, sehingga instansi pemerintahan dan perusahaan swasta akan merasa sangat terbantu oleh kehadiran para lulusan UI tersebut.

Namun, selain hal tersebut, ada beberapa lembaga baik dari luar atau dalam negeri yang telah memberikan penilaian tersendiri terhadap keberadaan UI selama ini sehingga akhirnya UI memperoleh predikat sebagai Universitas Terbaik yang ada di Indonesia. Adapun lembaga yang dimaksud tersebut adalah sebagai berikut :

  • Ban – PT Akreditasi  Universitas. Lembaga ini merupakan badan yang mendapat kewenangan dari Pemerintah Pusat untuk mengakreditasi perguruan tinggi di Indonesia.
  • QS World University Ranking (QS), satu dari tiga organisasi pemeringkat universitas di dunia paling berpengaruh dan diakui.  Menurut QS Worl university Ranking Universitas Indonesia tergolong pada Top 500-an.
  • THES (Times Higher Education Suplement) . Berdasarkan penilaian THES ini ternyata Universitas Indonesia menduduki kriteria ke 250 dari 520 perguruan tinggi sedunia.