S2 Psikologi

Alasan Tepat Memilih Jurusan S2 Psikologi

Mendapatkan pendidikan tinggi merupakan cita-cita banyak orang. Hal ini dikarenakan pendidikan tinggi merupakan fase pendidikan formal dengan tingkatan paling tinggi. Mulai dari tingkat strata, magister hingga doktoral. Hal tersebut bisa anda lakukan dengan memilih berbagai universitas yang diminati. Selain itu ketika anda hendak ingin memasuki perkuliahan, banyak pertimbangan yang harus dilakukan. Tidak hanya itu, anda juga harus cerdas ketika memilih fakultas dan jurusan yang hendak dimasuki. Tentunya memerlukan berbagai macam pertimbangan dan rekomendasi yang tepat. Salah satunya adalah ketika ingin memilih jurusan secara spesifik untuk melihat prospek kerjanya. Termasuk apakah anda ingin melanjutkan kuliah ke jenjang magister, seperti S2 Psikologi yang memiliki banyak keuntungan ketika anda bisa mengambil jurusan ini.

Psikologi adalah salah satu disiplin ilmu yang berhubungan dengan aspek sosial dan jiwa manusia. Manusia yang disebutkan di sini tidak terbatas pada perilakunya tetapi mengkaji jiwa yang mempengaruhi tindakan tersebut. Misalnya dalam konteks sosial, seperti bagaimana orang berinteraksi dengan lingkungannya, atau dalam konteks industri, dengan menelaah bagaimana seseorang berperilaku dalam hubungannya dengan posisinya di suatu perusahaan.

Jadi, mahasiswa diajak untuk mempelajari proses berpikir seseorang dan mencari tahu alasan perilakunya. Dengan kata lain, siswa mengenal “orang” sebagai individu, dengan mempertimbangkan semua latar belakang berikut. Seperti yang kita ketahui, manusia adalah makhluk unik, meskipun memiliki daya tarik yang sama, jawabannya bisa berbeda berdasarkan pengetahuan, pengalaman, emosi, harapan dan banyak faktor penentu lainnya.

Ada beberapa spesialisasi, seperti psikologi klinis, psikologi pendidikan, psikologi sosial, psikologi industri dan organisasi, dan psikologi perkembangan. Program gelar yang Anda pelajari didasarkan pada spesialisasi yang Anda selesaikan.

Tidak hanya itu, ternyata mengambil kuliah jurusan ini juga bisa memberikan anda banyak sekali keuntungan. Bagi anda yang penasaran mengenai hal tersebut maka bisa menyimak informasi berikut ini.

S2 Psikologi

Prospek kerja yang luas

Tentu akan banyak keuntungan yang didapatkan ketika anda bisa mengenyam pendidikan tinggi. Selain mendapatkan gelar spesifik sesuai dengan jurusan yang dipilih, juga mendapatkan keuntungan dari aspek lainnya.

Kuliah pada mata kuliah Psikologi Terapan

Mata kuliah Psikologi merupakan salah satu mata kuliah yang setiap tahunnya menarik banyak peminat sehubungan dengan masuknya mahasiswa baru. Karena ilmu yang kamu pelajari di gelar psikologi ini bisa diaplikasikan. Hal ini tentu membuat ilmu yang akan dipelajari di jurusan psikologi ini akan bermanfaat bagi masyarakat luas sebagai solusi dari suatu masalah yang muncul dari interaksi antar individu, individu dan kelompok. dan kelompok dengan kelompok.

Membantu memahami diri sendiri dan orang lain

Selain penerapannya, tentunya Anda juga dapat menerapkan ilmu yang telah Anda peroleh selama studi untuk lebih memahami diri sendiri dan orang lain. Terkadang individu atau kelompok memiliki beberapa masalah yang berawal dari pikiran. Nah, peran Anda di sini adalah Anda kemudian mempelajari pola perilaku dan pemikiran ilmiah individu atau orang.

Kuliah S2 Psikologi di Universitas yang tepat

Program Magister Ilmu Psikologi adalah program pendidikan Strata 2 (S2) di lingkungan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia. Program magister adalah pendidikan akademik yang diperuntukkan bagi lulusan Program Sarjana atau sederajat sehingga mampu mengamalkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni dan budaya melalui penalaran dan penelitian ilmiah. Program Magister Ilmu Psikologi memperoleh Akreditasi A dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) berdasarkan Keputusan BAN-PT No. 1683/SK/BAN-PT/Ak-PPJ/M/III/2020. Hingga saat ini (April 2021), Program Magister Ilmu Psikologi telah menghasilkan 728 orang lulusan yang kemudian menerapkan ilmu yang diperolehnya di berbagai bidang.