Pentingnya Kegiatan Bermain di Rumah Bagi si Kecil

0
39
Pentingnya Kegiatan Bermain di Rumah Bagi si Kecil
Pentingnya Kegiatan Bermain di Rumah Bagi si Kecil

Bagi anak, rumah adalah tempat pertama kali ia belajar berbagai hal melalui kegiatan sehari-hari yang dilakukan bersama keluarga. Rumah juga menjadi tempat ia tumbuh dan berkembang. Komisi Tinggi PBB untuk hak asasi manusia pada setiap anak mengakui bahwa bermain sangat penting untuk perkembangan anak yang optimal.

Bermain dapat menjadi wadah untuk anak dalam menggunakan kreativitas mereka untuk mengembangkan imajinasi, ketangkasan, kekuatan fisik, daya pikir dan emosionalnya. Bermain tidak harus di luar, Moms dapat melakukan kegiatan bermain di rumah bersama anak untuk membangun kedekatan antara anak dan orang tua.

Di usia dini, anak akan belajar hal-hal baru yang ada di sekitarnya. Untuk itu, Moms bisa menerapkan kegiatan bermain sambil belajar di rumah. Kegiatan seru dapat mengusir rasa bosan dan dapat mengembangkan kemampuan anak sambil belajar. Kegiatan bermain di rumah memiliki manfaat yang banyak bagi anak.

Salah satunya adalah untuk mengenalkan anak bermacam-macam gerak melalui permainan dengan pengenalan bermacam-macam gerak. 

Pada usia balita, aktivitas fisik penting untuk anak karena dapat mendorong perkembangan motorik pada tubuh anak. Beberapa permainan dapat melatih kemampuan motorik kasar seperti gerak tubuh saat menari, melompat, berguling-guling, merangkak dan berlari.

Selain itu, Moms juga dapat melakukan eksplorasi permainan yang dapat melatih koordinasi antara anggota tubuh anak seperti mata dengan kaki atau dengan tangan, menebak gambar, menemukan benda, menangkap atau menendang. Kegiatan ini juga baik untuk mengoptimalkan perkembangan fisik si Kecil.

Kegiatan bermain di rumah juga bisa menjadi penunjang dalam mengembangkan aspek kognitif anak melalui pembelajaran yang diselipkan saat bermain sehingga akan melatih keterampilan berpikir si Kecil. Moms dapat menggunakan benda atau alat saat bermain sebagai sarana bermain sambil belajar. Misalnya, puzzle, playdough, balok, lego dan lain sebagainya. Permainan ini dapat meningkatan daya imajinasi dan kreativitas anak selama masa pertumbuhannya.

Bagi tumbuh dan kembang anak, bermain memiliki peran yang penting. Moms bisa mencoba permainan yang seru dan sederhana untuk dimainkan. Misalnya seperti petak umpet, menemukan harta karun, bermain kostum, memanjat, bernyanyi dan banyak lagi. Dukung si Kecil dalam mengekspresikan dan mengeksplorasi diri nya selama masa pertumbuhan dan perkembangannya.

Selain memberikan aktivitas positif untuk anak dalam mendukung tumbuh kembangnya, berikan susu pertumbuhan anak. Terus dukung si Kecil untuk GrowHappy dengan rangkaian susu pertumbuhan anak LACTOGROW.