Cara Mengecek Keaslian Engagement Ring dari Emas Putih

0
95
engagement ring

Emas putih menjadi logam yang dipilih oleh banyak pasangan ketika akan melangsungkan pertunangan. Logam ini memang dinilai lebih simple dan tidak berkesan mewah sehingga engagement ring atau cincin tunangan cocok dipakai untuk aktivitas sehari-hari. Emas putih sendiri sebenarnya terbuat dari emas kuning namun dengan menambahkan logam lain yang membuatnya warnanya tidak kuning. Selain itu, emas putih juga dilapisi dengan rhodium yang membuat cincin tampak lebih indah dan berkilau. 

Namun sayangnya masih ada saja orang yang menjual barang palsu sehingga merugikan banyak orang. Anda harus berhati-hati ketika membeli cincin tunangan emas putih agar tidak salah membeli barang palsu. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian emas putih:

Mengetahui Ciri-ciri Emas Putih

engagement ring
engagement ring

Sebelum mengecek keaslian emas putih pada diamond engagement ring yang Anda beli, sebaiknya Anda mengetahui apa saja ciri-ciri emas putih. Banyak orang mengatakan bahwa memang tidak mudah untuk mengetahui ciri-ciri emas putih. Namun salah satu ciri paling umum yaitu adanya cap khusus. Cap pada emas putih asli terlihat halus, sedangkan emas palsu tidak. Anda membutuhkan kaca pembesar untuk mengetahui cap khusus ini.

Memanfaatkan Magnet

Cara selanjutnya sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Memanfaatkan magnet untuk mengetahui keaslian emas putih yang Anda beli. Cobalah untuk mendekatkan magnet pada cincin tunangan Anda. Cincin palsu akan tertarik oleh magnet karena terbuat dari besi atau logam lain. Sedangkan cincin emas putih asli tidak akan tertarik meskipun dekat dengan magnet.

Menggoreskan Emas

Menggoreskan emas memang cukup berisiko namun hal ini bisa menjadi alternatif cara yang bisa dilakukan untuk mengetahui keaslian cincin tunangan Anda. Jika memang ingin melakukan cara ini, Anda bisa langsung menggoreskan cincin pada piring atau lantai keramik. Cincin emas putih palsu akan meninggalkan bekas berwarna hitam, sedangkan cincin asli tidak.

Melihat Sertifikat

Melihat sertifikat yang dimiliki oleh diamond engagement ring merupakan cara paling mudah dan cepat untuk mengetahui keaslian cincin emas Anda. Namun pastikan bahwa sertifikat yang diberikan memang dikeluarkan oleh toko perhiasan yang kredibel dan terpercaya. Jika cincin emas tersebut memiliki berlian, Anda harus memastikan bahwa sertifikat dikeluarkan oleh lembaga kredibel seperti GIA, AGS, IGI, dan lain-lain.

Mengujinya di Toko Perhiasan

Cara terakhir ini bisa dilakukan apabila Anda membeli cincin tunangan pada perseorangan atau bukan di toko perhiasan. Kunjungi toko perhiasan untuk meminta ahli mengecek apakah cincin yang Anda beli asli atau palsu. Petugas yang sudah ahli akan menggunakan peralatan khusus untuk mengecek keaslian cincin Anda. 

Beli Perhiasan Asli di Mondial Jeweler

Mondial Jeweler merupakan toko perhiasan asli yang berada di bawah PT Central Mega Kencana. Membeli perhiasan di toko ini telah terjamin keasliannya sehingga Anda tidak perlu khawatir. Ada sertifikat berlian yang diberikan apabila Anda membeli perhiasan berlian. Dalam sertifikat tersebut juga ada spesifikasi logam yang digunakan di dalam cincin.

Biasanya engagement ring dari Mondial Jeweler menggunakan logam berupa platinum dengan warna yang mirip emas putih. Kelebihan platinum yaitu lebih kuat dan tahan lama, tidak mudah tergores, serta indah berkilau. Apalagi tambahan berlian yang dihadirkan mampu membuat cincin tunangan Anda semakin indah.

Pemesanan cincin tunangan bisa dilakukan secara online maupun offline. Anda bisa mengunjungi toko fisik yang saat ini sudah tersebar di kota besar seperti Medan, Bandung, Surabaya, dan Jakarta. Sedangkan pemesanan online bisa dilakukan dengan mengunjungi website resmi Mondial Jeweler yaitu mondialjeweler.com.