Bayar tagihan BPJS

Bayar Tagihan BPJS Kini Lebih Mudah Dengan Bank Sinarmas

Menerapkan gaya hidup sehat perlu dilakukan sejak dini mengingat sehat itu mahal. Hal mudah yang bisa Anda lakukan yaitu dengan rutin melakukan olahraga, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan tidur cukup. Namun demikian, Anda juga tetap harus memiliki asuransi kesehatan seperti BPJS. Bayar tagihan BPJS dilakukan rutin setiap bulan dan cara pembayarannya pun cukup mudah.

Mengapa Harus Mempunyai BPJS?

Bayar tagihan BPJS
Bayar tagihan BPJS

BPJS merupakan program pemerintah untuk mensejahterakan kesehatan seluruh masyarakat Indonesia. Simak beberapa manfaat mempunyai BPJS di bawah ini:

Iuran Terjangkau

Manfaat pertama yaitu premi yang harus Anda bayar per bulan cukup murah. Hal ini dikarenakan BPJS menggunakan sistem gotong royong sehingga jika Anda mengikuti asuransi kesehatan lainnya tentu akan jauh lebih mahal. 

Jumlah iuran yang harus dibayarkan berbeda-beda sesuai dengan kelas yang Anda pilih. Peserta kelas I harus membayar premi Rp. 150.000, kelas II Rp. 100.000 dan kelas III 42.000. namun demikian, peserta kelas III hanya membayarkan iuran sebesar Rp. 25.500 karena sisanya akan dibayar oleh pemerintah.

Memberikan Jaminan Seumur Hidup

Tidak ada satupun perusahaan asuransi yang berani memberikan jaminan seumur hidup. Namun, bagi Anda peserta BPJS bisa menikmati layanan kesehatan seumur hidup. Hal ini tentu akan sangat membantu bagi Anda yang mempunyai penyakit dan mengharuskan berobat secara rutin. Cukup dengan membayar iuran secara rutin Anda pun akan dapat menikmati layanan dan fasilitas kesehatan sesuai dengan kelas yang Anda pilih.

BPJS Menanggung Semua Penyakit

Sesuai dengan tujuannya yaitu memberikan pelayan kesehatan kepada masyarakat Indonesia, program kesehatan pemerintah ini menanggung semua penyakit. Hal ini tentu berbeda dengan asuransi yang tidak mau menanggung beberapa penyakit tertentu.

Para penderita penyakit hormonal, gangguan jiwa, kanker, hemodialisa, dan kongenital akan merasa sangat terbantu mengingat jenis penyakit tersebut tidak ditanggung oleh asuransi.

Bisa Menjadi Peserta Tapi Melihat Riwayat Kesehatan

Manfaat yang tidak kalah penting dari BPJS yaitu Anda dapat bergabung menjadi anggota dengan mudah. Pihak BPJS tidak akan mempermasalahkan riwayat kesehatan Anda sehingga Anda bisa langsung mendaftar sebagai peserta. Jika Anda mengikuti asuransi tentu perusahaan akan mempertimbangkan riwayat kesehatan Anda.

Peserta BPJS yang sakit gagal ginjal kronis, penyakit jantung, atau penyakit besar lain masih tetap dapat berobat seumur hidup.

Cara Membayar Iuran BPJS

Bayar tagihan BPJS kini dapat dilakukan dengan mudah dan salah satunya melalui bank Sinarmas. Bank Sinarmas memberikan beberapa cara pembayaran tagihan BPJS sehingga Anda dapat memilih mana yang praktis untuk Anda. Cara pembayaran tersebut diantaranya yaitu melalui Teller, internet banking, SimobiPlus atau ATM.

Bagi Anda yang masih belum menggunakan internet banking atau masih bingung bagaimana cara melakukan pembayaran secara mandiri maka Anda dapat datang langsung ke bank terdekat. Anda akan dibantu oleh teller dan teller akan menginformasikan jumlah tagihan yang harus Anda bayar.

Anda juga dapat membayar tagihan melalui ATM dengan cara memilih pembayaran dan kemudian masukkan jumlah bulan yang akan dibayar kemudian tambahkan kode 88888 dan nomor peserta BPJS Anda.

Berikut merupakan ilustrasi pembayaran 1 bulan: 01 + 88888 + 00026542970. Sedangkan untuk pembayaran 2 bulan: 02 + 88888 + 00026542970.

Bagi pengguna internet banking atau SimobiPlus dapat melakukan transaksi kapanpun dan dimanapun. Caranya yaitu dengan mengisi field: IDPL + 88888 + nomor peserta BPJS Anda kemudian pilih bulan yang Anda bayar.

Nah, cukup sekian pembahasan manfaat BPJS serta cara membayar iuran setiap bulannya. Semoga bermanfaat bagi Anda dan selamat mencoba.