kalender kesuburan

Menghitung Masa Subur Dengan Kalender Kesuburan

Kehamilan adalah salah satu impian yang sangat didambakan dalam kehidupan berumah tangga. Keinginan untuk memiliki keturunan seringkali berhubungan dengan keinginan lain akan jenis kelamin tertentu. Meski keinginan ini wajar, tapi manusia tidak bisa menentukan sendiri jenis kelamin anak yang akan dilahirkan. Namun dengan bantuan kalender kesuburan, keinginan tersebut bisa diusahakan.

Kalender untuk masa subur berisi informasi mengenai kapan seorang perempuan mengalami masa subur yang merupakan masa terbaik untuk bisa hamil. Terlebih dahulu, siklus menstruasi yang akan diperhitungkan harus tergolong normal. Jika tergolong tidak normal maka akan muncul kesulitan untuk memperdiksi kapan masa subur datang. Sehingga kemungkinan hamil anak jenis kelamin tertentu bisa semakin kecil.

kalender kesuburan
kalender kesuburan

Perhitungan masa subur juga lebih akurat pada perempuan dengan siklus menstruasi yang normal. Masa subur ini biasanya terjadi pada pertengahan masa subur tersebut. Untuk yang menginginkan hamil anak perempuan, disarankan untuk melakukan aktivitas intim sebelum masa subur terjadi. Hal ini dikarenakan sperma kromosom X berenang lebih lambat dan mampu bertahan lebih lama untuk menunggu sel telur lepas.

Sementara aturan berbeda bisa diterapkan bagi yang ingin hamil anak berjenis kelamin laki-laki. Sebaiknya melakukan hubungan seksual ketika masa subur sedang dalam puncaknya. Karena sperma kromosom Y memiliki kemampuan berenang lebih cepat namun tidak bisa bertahan lama. Diharapkan agar kromosom ini langsung bisa menuju sel telur yang telah siap dibuahi pada saluran tuba falopi.

Kalender kesuburan hanya sebagai usaha untuk memperbesar peluang hamil anak jenis kelamin tertentu. Cara ini banyak terbukti keberhasilannya. Namun tetap saja ada beberapa kasus yang tidak berhasil karena memang jenis kelamin anak bukan menjadi hak manusia dalam menentukan. Jadi pahami terlebih dahulu konsep ini sebelum benar-benar menerapkan metode ini agar mudah dalam menjalaninya.

Tidak hanya untuk memperbesar peluang kehamilan anak jenis kelamin tertentu, kalender kesuburan juga berguna untuk tujuan lain. Salah satunya untuk menunda kehamilan atau mengetahui kondisi kesehatan reproduksi. Kini kalender masa subur telah tersedia dalam versi yang modern lengkap. Fitur-fitur canggih yang menyertainya pasti sangat memudahkan penggunanya.