Wujudkan Keuangan Dengan Bunga Deposito

Seluk beluk tentang deposito memang asyik untuk dibahas. Adapun jenis investasi ini kian digemari karena menawarkan keuntungan dengan jangka waktu tertentu. Ya, semakin lama seorang nasabah menyimpan dana dalam bentuk deposito maka akan semakin besar pula bunga yang ia dapatkan. Beda dengan tabungan biasa dimana sangat berpengaruh kepada inflasi atau faktor lainnya.

Meskipun bunga deposito ini cukup menjanjikan akan tetapi sebagai seorang nasabah yang bijak maka hendaklah mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan dari deposito.

bunga deposito
bunga deposito

Yang pertama adalah adanya setoran minimal. Ya, hampir semua bank memberlakukan adanya setoran minimal untuk mendapatkan akun deposito. Hanya saja, besarannya bisa berbeda beda mulai dari Rp. 8 juta hingga Rp. 10 juta. Beda dengan tabungan biasa dimana saldo awalnya bisa Rp. 100.000.

Kemudian, masalah jangka waktu dimana nasabah diberi kebebasan dalam memilih tenor sesuai dengan kebutuhan dan rancangan keuangan. Umumnya, jangka waktu yang diberikan mulai dari  1, 3, 6, 12, hingga 24 bulan.

Ketiga adalah tentang pencairan dana. Jika dalam tabungan biasa nasabah bisa dengan bebas menarik sejumlah dana, maka pada deposito hal ini tidak bisa terjadi. Ya, adanya beban administrasi yang dikenakan jika mengambil dana di luar waktu yang ditentukan membuat nasabah harus memperhitungkan segalanya dengan baik.

Bunga Deposito

Sudah bukan rahasia lagi jika bunga yang ditawarkan oleh deposito lebih tinggi dibandingkan dengan tabungan. Meski demikian, guna mendapatkan keuntungan yang besar dari bunga yang diberikan maka seorang nasabah harus bijak dalam menentukan bank. Karena, semakin tinggi bunga yang diberikan maka keuntungan yang diberikan pun semakin besar.

Menawarkan Resiko Rendah

Ya, deposito adalah salah satu jenis investasi yang menawarkan resiko cukup rendah dibandingkan dengan saham, obligasi maupun reksa dana. Apalagi, setiap dana yang tersimpan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan atau LPS.

Sebagai rekomendasi, nasabah yang belum menentukan pilihan bank ada baiknya memanfaatkan layanan yang diberikan oleh Jenius. Ya, produk perbankan dari Bank BTPN ini memberikan kemudahan bagi nasabah karena bisa diakses melalui smartphone. Dengan aplikasi ini juga nasabah seperti memiliki asisten pribadi keuangan guna mengetahui keuntungan yang didapat termasuk deposito.