perkembangan teknologi komputer

Perkembangan Teknologi Komputer Dari Masa ke Masa

Seiring perkembangan zaman, perkembangan teknologi komputer juga semakin meningkat saat sekarang ini. Peranan fungsinya juga semakin bergeser, mulai dari sebelumnya yang hanya membantu dalam perhitungan matematis, menjadi hal yang lebih kompleks dan beragam. Kecanggihannya menjadikan teknologi ini menjadi bagian yang susah untuk terpisahkan dalam kehidupan manusia sehari-hari.

perkembangan teknologi komputer
perkembangan teknologi komputer

Tetapi, ternyata perkembangan teknologi komputer memiliki tahapan-tahapannya tersendiri yang mungkin banyak orang yang tidak mengetahuinya. Berikut ini, akan dijabarkan perkembangan teknologi ini dari generasi ke generasi.

1. Komputer generasi pertama (1941 – 1952)

Di masa awal penemuan komputer, penggunaannya hanya digunakan sebatas untuk melakukan perhitungan sistematis yang lebih akurat dari perhitungan manual. Pada tahun-tahun ini, teknologi lebih banyak digunakan untuk kebutuhan perang, semisal pengendalian pesawat dan pengendalian peluru, serta untuk memecahkan kode rahasia Jerman. Walau penggunaan komputer ini terus berkembang meski perang telah selesai, namun masih berfokus pada tugas yang lebih spesifik seperti perhitungan. Bentuk ukurannya sangat besar dan juga boros energi. Belum mengenal bahasa pemrograman dan juga kode mesin yang rumit.

2. Komputer generasi kedua (1952 – 1958)

Pada tahun 1948, ditemukan tube vakum dan silinder megnetik yang akan diterapkan pada komputer generasi kedua. Hal ini membuat ukuran dari komputer generasi ini menjadi lebih kecil dari sebelumnya. Pada masa ini, teknologi ini juga sudah dirangkai hemat energi dan relatif lebih cepat performanya. Hanya saja, penggunaannya terbatas dan masih belum bisa digunakan oleh banyak orang. Namun, pada generasi ini, telah diterapkannya bahasa pemrograman, seperti COBOL dan FORTRAN.

3. Komputer generasi ketiga (1958 – 1970)

Pada generasi ini, komputer telah menggunakan IC atau Integrated Circulator  yang telah menggantikan fungsi transistor. IC memiliki peranan yang sangat besar, yaitu sebagai penekan panas, mampu mengintegrasikan komponen ke dalam satu chip. Selain itu, fungsi dari komputer pada generasi ini juga semakin berkembang ke arah multitasking.

4. Komputer generasi keempat (1970 – 1980)

Ukuran sirkuit pada komputer menjadi semakin kecil dan memiliki performa yang lebih baik. Pada masa ini, komputer sudah mulai dimanfaatkan untuk kepentingan pribadi dan membantu banyak industri dalam meningkatkan produksi.

5. Komputer generasi kelima (1980 – sampai saat ini)

Teknologi generasi ke lima adalah apa yang kita rasakan saat ini. Begitu mengalami perkembangan yang sangat pesat dan signifikan.

Demikian perkembangan teknologi komputer dari masa ke masa yang mungkin belum banyak orang yang mengetahuinya. Semoga bermanfaat.