KUE PUTU AYU

Cemilan Tradisional Indonesia

KUE PUTU AYU
KUE PUTU AYU

Makanan manis masih menjadi favorit orang-orang di indonesia khususnya, apalagi makanan cemilan yang kita kenal dengan kue putu ayu, perpaduan parudan kelapa yang enak dan menggunakan bahan higienis seperti gulaku gula pasir, tepung terigu dan lain sebagainya. Kreativitas kuliner telah melahirkan kue di mana kue ini sering kita jumpai di toko kue. Kue yang dimasukkan ke dalam cetakan yang membentuk seperti bunga unik dan menarik membuat Anda memiliki penampilan dan memperingatkan yang cantik sama belanja dengan namanya: putu ayu ”. Makanan yang satu ini adalah makanan cemilan tradisional Indonesia Karena kami dapat melakukan jumpai di setiap daerah di indonesia.

Kelebihan dan kenikmatan dari kue putu ayu ini memiliki tekstur dan rasanya yang berbeda dengan putu bambu. Putu bambu lebih “kepyar” (mudah tercerai-berai), sedangkan putu ayu lebih padu dengan tekstur mirip kue bolu. Besar putu ayu dibuat dari campuran tepung beras dan tepung ketan. Kue putu ayu ini sangat mirip dengan kue putu yang terkenal di Makassar dan Gowa. Bedanya, putu cangkir biasanya tidak diwarnai, dan selalu dibuat langsung berdasarkan pesanan. Dari segi tekstur, putu lebih mirip putu bambu karena sama-sama dibuat dari tepung beras. Hanya cetakannya saja yang berbentuk seperti cangkir, bukan ruas bambu. Oleh sebab itu, bagi Anda yang ingin jadi, ini Gulaku Gula Pasir akan memberikan resep cemilan tradisional indonsia yaitu resep kue putu ayu.

Bahan-Bahan

  1. 200 gram gula pasir Gulaku
  2. 200 gram tepung terigu
  3. 2 butir telur
  4. 1 sendok teh emulsifier
  5. 1/2 sendok teh garam halus
  6. Perwarna Makanan Hijau Pandan Secukupnya
  7. Kelapa parut secukupnya

Cara membuat kue putu ayu:
Kocok telur, gula pasir dan kue emulsifier sampai mengembang dan terlihat pucat dengan mixer dengan kecepatantinggi.
Pelankan mixer kecepatan dan memasukkan tepung terigu sambil terus diaduk.
Tuangkan santan sedikit demi sedikit dan aduk hingga merata.
Tambahkan dengan beberapa tetes pewarna makanan ke dalam adonan dan aduk sampai merata.

Campurkan kelapa parut dengan garam dalam satu wadah, aduk hingga merata. Masukkan ke dalam cetakan kemudian sampai memadat. Makan adonan kue putu ayu ke dalam cetakan di atas kelapa parut sampai penuh.
Kukus adonan selama 20 menit sampai matang dan empuk.
Angkat dan siap untuk disajikan.
Demikianlah ulasan untuk cemilan tradisional indonesia yang disebut kue putu ayu bersama Gulaku sebagai pemanis putu ayu yang akan sangat menyenangkan oleh keluarga anda.