Permainan Anak

Jenis-jenis Permainan Anak Yang Mendidik

Permainan anak perlu dibatasi agar tidak membuat anak terlena. Terlalu banyak bermain akan membuat anak lupa untuk belajar. Maka anak perlu batasan waktu saat bermain. Apalagi jaman sekarang banyak permainan yang kurang mendidik di smartphone yang mana bisa dimainkan anak bahkan seharian. Tentunya kebiasaan ini tidaklah sehat untuk perkembangan daya pikir anak. Meski tidak belajar melalui pelajaran anak tetap harus diberikan edukasi baik melalui lingkungan atau permainan yang dilakukannya. Sudah tgas orangtua saat di rumah untuk mengarahkan anak dalam memilih permainan yang dimainkannya. Jika membelikan permainan anak maka belilah permainan-permainan yang tidak hanya menantang tetapi juga mendidik.

Berikut ini adalah jenis-jenis permainan yang mendidik untuk anak.

  1. Catur

Sudah tidak diragukan bahwa jenis permainan ini menantang otak untuk bekerja keras memikirkan taktik permainan agar tidak kalah. Permainan ini cocok diajarkan kepada anak. Namun untuk anak usia dibawah 10 tahun masih akan sulit mengerti jenis permainan ini.

2. Puzzle

Permainan puzzle adalah salah satu jenis permainan menantang. Jenis permainan ini membutuhkan daya pikir yang kuat untuk berhasil memainkannya. Permainan puzzle cocok dimainkan untuk anak dari segala usia.

3. Scrabble

Permainan ini adalah permainan menyusun kata. Bentuk permainannya seperti TTS. Hanya saja dalam model balok. Permainan ini masih lebih sedehana dibandingkan dengan menebak kata dalam TTS.

4. TTS (Teka Teki Silang)

Hampir mirip dengan scrabble, TTS merupakan permainan tebak kata yang cocok digunakan untuk mengasah kecerdasan anak. Namun permainan ini hanya cocok untuk anak dengan usia setara SMP atau SMA.

Masih banyak jenis permainan lain yang mendidik bagi anak. Jenis-jenis permainan ini dapat digunakan untuk mengasah daya pikir anak sehingga anak menjadi lebih cerdas. Selain dengan bermain, kecerdasan otak anak juga dapat dioptimalkan dengan mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi seperti Nestle. Produk Nestle banyak direkomendasikan untuk anak Indonesia agar lebih cerdas. Tidak hanya melalui permainan anak, produk Nestle juga melengkapi optimalnya kecerdasan anak dengan memberikan gizi yang tepat.